Thursday, January 10, 2008

National Treasure from Charlie Wilson's War

Yap!gwe bner2 baru nonton 2 film yang judulnya gwe sebutin di atas..yah,untuk orang yang katanya ngaku cinta sama dunia perfilman kayaknya gwe telat banget yah ntn tu film2??ya suwd lah....berikut previews n mungkin sedikit mengandung spoiler

Charlie Wilson's War

Ni film based on true story. Kalo dipikir-pikir, makin banyak aja akhir2 ini film2 yang bukan bner2 dari cerita asli si penulis/sutradara/produser. Kalo gak based on true story,ya, based on novel or comic...hmmm..apa sudah kehilangan sisi kreatif yah??

okeh, ni film menceritakan tentang seorang congressman Charlie Wilson yang berusaha untuk menghentikan serangan2 soviet (setting masih di era 1980an,makanya mashi soviet) terhadap afghanistan di daerah yang dekat dengan perbatasan pakistan. Penyerangan itu sendiri bener2 menelan banyak korban makanya dia sendiri bner2 ngusahain para tentara mujahidin afghanistan dapetin senjata untuk menembak jatuh pesawat soviet. Charlie Wilson ini gak sendiri2 amat siih...karena dia juga dibantu agent CIA Gust Avrakotos dan temen deketnya si Joanne Herring.

Film ini pun cukup bertabur bintang. Yah, 3 tokoh penting dimainin sama pemeran taraf oscar. Charlie Wilson diperankan oleh Tom Hanks, Gust Avrakotos diperankan oleh Phillip S. Hoffman, dan Joanne Herring diperankan oleh Julia Roberts. Secara keseluruhan mah ni film lumayan sih. Tapi agak membosankan karena rasanya klimaks yang dicapai pun gak kena sama pemirsa. Adegan2 saat tentara afghanistan berhasil dapat senjata n berhasil memukul mundur Soviet pun di rasa kurang memuaskan. Usaha2 yang dilakukan sama Charlie Wilson-nya sendiri gak kerasa "berat". Mungkin emang kuran penjelasan aja apa yah??Blum lagi setting yang harusnya era 1980-an juga gak kerasa. Gak tau kenapa, yang jelas gwe sempet lupa kalo ni film bersetting di era segitu. Tapi untuk penggemar sejarah,ya gak papa laah...

National Treasure : Book of Secrets

Film Sekuel keluaran Disney ini kembali menyinggung sejarah USA. Yang kali ini kena getahnya bapak presiden Lincoln. Sejarah yang disinggung mengenai kematian Presiden Lincoln ini. Jadi ceritanya, keluar Gates selama ini membanggakan kalo sebenernya leluhur mereka meonolong bangsa amerika dari kehilangan harta negara yang terpendah oleh tangan2 jahat yang berusaha mencurinya. Tapi ternyata ada seseorang bernama Mitch Wilkinson yang menuduh kalo ternyata leluhur mereka membantu pembunuhan presiden Abraham Lincoln. Mr.Wilkinson ini memperlihatkan buktinya dari robekan buku harian John Booth si pembunuh. Di situ ternyata ada nama leluhurnya Gates. Maka keluarga Gates di bantu teman-temannya dari cerita pertama berusaha membuktikan kalau memang ada harta karun nasional dan keterlibatan leluhur gates dalam usaha membunuh Presiden Lincoln adalah bohong. Dan tentunya mereka dihalang-halangi kelompok Wilkinson yang ternyata sengaja menyebarkan kabar bohong untuk mendapatkan harta karun tersebut.

Film ini masih diperankan oleh beberapa orang yang sama dari film pertama, seperti Nicolas Cage,Diane Kruger, dan Jon Voight. Sedangkan Mitch Wilkinson diperankan oleh Ed Harris. Film ini ringan, walaupun banyak terdapat misteri2 dan teka-teki di dalamnya. Penonton tetap terpukau saat Ben Gates berhasil memecahkan tiap2 misteri (tempat di simpannya book of secret bner2 keran banget!) tapi gak bingung gmana misteri itu bisa terpecahkan karena cerita di balik misteri itu sendiri gak rumit. Bisa dibilang ini gabungan dari versi ringannya da vinci code n versi modernnya Indiana Jones. Tapi sayangnya, untuk masalah sinematografi, ni film bner2 bikin pusing. Waktu adegan kejar2an gambar bener2 bergoyang dan perpindahan gambar yang terlalu cepat bner2 bikin mata cepet capek. Gwe aja sampe agak mual nontonnya. Tapi yaah...overall masih dibilang seru lah.

No comments: